Profile Prodi Sistem Informasi

Program studi Sistem Informasi (S1) berdiri  dengan surat pertimbangan dari Departemen Pendidikan Nasional, DIKTI pada tanggal 14 September 2006 No. 1994/D2.2/2006 dilanjutkan dengan SK ijin penyelenggaraan program studi dari DIKTI:

  1. No. 3739/D/T/2006 tanggal 28 September 2006 yang berlaku sampai dengan 2008, 
  2. No. 2038/D/T/K-IV/2009 tanggal 23 April 2009 dan berlaku sampai dengan 23 April 2013. 
  3. No.14729/D/T/K-IV/2013 tanggal 20 Februari 2013 dan berlaku sampai dengan 06 Juli 2013

Dan Berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 050/BAN-PT/AK-XIV-SI/I/2012 maka program studi Sistem Informasi telah TERAKREDITASI.

Program Studi Sistem Informasi Jenjang Strata 1 (S1) bertujuan untuk menciptakan manusia berkualitas tinggi dengan kompetensi dan keahlian khusus di bidang Sistem Informasi dengan memiliki ciri umum : 

  1. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai sarjana informasi 
  2. Memiliki sikap terbuka, tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang berkaitan dengan ilmu Sistem Informasi dengan tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip intelektual, sosial dan kultural. 
  3. Memiliki kemampuan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan masyarakat yang berhubungan dengan disiplin ilmu Sistem Informasi. 
  4. Memiliki kemampuan dalam mengembangkan disiplin ilmu Sistem Informasi melaui kegiatan-kegiatan seperti pelaksanaan penelitian, penulisan artikel ilmiah dan lain sebagainya. 
  5. Memiliki kualitas kemampuan yang baik untuk meneruskan ke jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi ( Strata 2, Strata 3 di bidang informasi )

Lulusan Program Studi Sistem Informasi Strata satu Universitas Mathla’ul Anwar berhak menyandang gelar Sarjana Komputer (S.Kom.), yang memiliki kemampuan : 

  1. Mendefinisikan dan menganalisis kebutuhan sistem informasi dari sebuah organisasi atau komunitas secara koheren, detail dan menyeluruh yang tidak terlepas dari strategi organisasi yang bersangkutan. 
  2. Mendefinisikan, menganalisis dan mengembangkan sistem informasi guna memperkaya teori, metode dan paradigma yang sudah ada. 
  3. Merencanakan proyek-proyek pengembangan sistem informasi dari sebuah organisasi atau komunitas berdasarkan kaidah-kaidah proyek yang berlaku. 
  4. Merancang sitem informasi yang terdiri dari beragam komponen yang saling terkait, infrastruktur sistem informasi, struktur organisasi, proses dan prosedur, sumber daya manusia, budaya, kebijakan dan aturan-aturan yang ada. 
  5. Merencanakan dan memonitor proyek-proyek konstruksi teknologi informasi sebagai komponen . utama sistem informasi, seperti implementasi paket aplikasi, pengembangan perangkat lunak, instalasi jaringan dan sebagainya. 
  6. Mengimplementasikan sistem informasi secara efisien dan efektif di dalam sebuah organisasi atau tatanan komunitas lainnya sehingga mendukung tercapainya visi dan misi organisasi yang bersangkutan. 
  7. Mengelola pemeliharaan sistem informasi yang telah diimplementasikan dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Peluang kerja bagi lulusan meliputi:

  1. Industri-industri Teknologi Informasi (IT) 
  2. Perusahaan BUMN dan PMA 
  3. Lembaga Pemerintahan Negeri 
  4. Perbankan 
  5. Rumah Sakit 
  6. Perhotelan dan Pariwisata 
  7. Lembaga Pendidikan 
  8. Perindustrian 
  9. Perusahaan-perusahaan yang menggunakan teknologi komputer dan sistem informasi

 

Welcome to ladbrokes sign-up information.